Selasa, 02 Desember 2008

CRM dan Implementasinya

Customer Relationship Management (CRM) adalah suatu metode yang digunakan oleh perusahaan untuk menganalisa segala sesuatu tentang pelanggan yang bermanfaat untuk optimasi kinerja perusahaan.
Salah satu perusahaan yang menggunakan CRM adalah Volkswagen. Ada 3 alasan utama mengapa Volkswagen menggunakan CRM dalam kinerja perusahaannya, yaitu :
# Pelanggan harus membuang waktu cukup banyak dalam sistem pelayanan pelanggan
# Pola Paper Based yang tidak efektif
# Data-data pelanggan disimpan dalam sistem yang berbeda-beda
Dengan bekerjasama dengan SAP NetWeaver, Volkswagen berhasil mengaplikasikan CRM pada perusahaannya. Output yang diperoleh setelah implementasi CRM pada Volkswagen berupa :
# Paperless Office
# Data Base pelanggan dapat diakses dengan mudah lengkap dengan riwayat transaksi
# Pelayanan individu dapat dengan maksimal dilakukan berdasarkan data historis pelanggan
# Kepuasan pelanggan dapat diketahui dengan mudah

Tidak ada komentar: